Jumat, 16 Maret 2012

Psikologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran


Selamat Pagiii !!
Hari ini kita bakal ngebahas mengenai psikologi Pendidikan dan Teknologi Belajar.

Sebelumnya kita harus tau dulu apasih Psikologi Pendidikan???

Psikologi Pendidikan itu adalah adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan belajar (Whiterington, 1982:10). Dari batasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antara psikologi pendidikan dengan tindakan belajar. Karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa ahli psikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi psikologi pendidikan adalah soal belajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.

Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif. 

Hari ini, persoalan belajar yang dihadapi oleh anak-anak adalah teknologi belajar yang memungkinkan untuk mendukung belajar-mengajar didalam kelas. Dilihat dari sudut Psikologi, yang harus diperhatikan adalah aspek kognitif, afektif maupun psikomotor si anak.

Berikut ini adalah cara yang tepat untuk dapat mengembangkan 3 aspek yang dimiliki oleh anak adalah:

1. Teacher-Centered
Metode ini merupakan fokus/perhatian terhadap perencanaan/ instruksi yang diberikan oleh guru. Sehingga dalam pendekatan ini, perencanaan dan instruksi ini dijaga ketat oleh guru yang    mengarahkan pembelajaran terhadap murid

2. Learner-Centered
Metode ini fokus pada siswa/murid. Dalam sebuah studi, persepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor paling penting dalam peningkatan prestasi si anak. 

Kembali kepada teknologi, teknologi merupakan bagian dari alat pendidikan yang sudah merevolusi di semua bagian negara. Setiap proses belajar-mengajar sudah menggunakan teknologi yang serba cepat agar dapat menerima informasi secara cepat dan akurat. Internet adalah salah satu fasilitas yang sangat dekat dengan para pendidik maupun yang dididik. Karena terdapat beberapa akses internet di tempat-tempat tertentu, tanpa memungut biaya (gratis).

Hal ini memungkinkan untuk menggunakannya dimana saja, kapan saja. Apalagi di dalam internet terdapat search engine seperti google yang memfasilitasi para pengguna internet untuk mendapatkan informasi apapun tanpa ada batasnya.

Psikologi Pendidikan Edisi Kedua (J.W Santrock)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar