Selamat Pagiii !!
Hari ini kita bakal ngebahas mengenai psikologi Pendidikan dan Teknologi
Belajar.
Sebelumnya kita harus tau dulu apasih Psikologi Pendidikan???
Psikologi Pendidikan itu adalah adalah studi yang sistematis terhadap
proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan. Sedangkan
pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsung melalui tindakan-tindakan
belajar (Whiterington, 1982:10). Dari batasan di atas terlihat adanya kaitan
yang sangat kuat antara psikologi pendidikan dengan tindakan belajar. Karena
itu, tidak mengherankan apabila beberapa ahli psikologi pendidikan menyebutkan
bahwa lapangan utama studi psikologi pendidikan adalah soal belajar. Dengan
kata lain, psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan
yang berkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan
belajar.
Karena konsentrasinya pada
persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada
subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah
pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar
mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang
memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan
belajar secara efektif.
Hari ini, persoalan belajar yang dihadapi oleh anak-anak adalah teknologi
belajar yang memungkinkan untuk mendukung belajar-mengajar didalam kelas.
Dilihat dari sudut Psikologi, yang harus diperhatikan adalah aspek kognitif,
afektif maupun psikomotor si anak.
Berikut ini adalah cara yang tepat untuk dapat mengembangkan 3 aspek yang
dimiliki oleh anak adalah:
1. Teacher-Centered
Metode ini merupakan fokus/perhatian terhadap perencanaan/ instruksi yang
diberikan oleh guru. Sehingga
dalam pendekatan ini, perencanaan dan instruksi ini dijaga ketat oleh guru yang
mengarahkan pembelajaran terhadap murid
2. Learner-Centered
Metode ini fokus pada siswa/murid. Dalam sebuah studi, persepsi murid
terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan
guru merupakan faktor paling penting dalam peningkatan prestasi si anak.
Kembali kepada teknologi, teknologi merupakan bagian dari alat pendidikan
yang sudah merevolusi di semua bagian negara. Setiap proses belajar-mengajar
sudah menggunakan teknologi yang serba cepat agar dapat menerima informasi
secara cepat dan akurat. Internet adalah salah satu fasilitas yang sangat dekat
dengan para pendidik maupun yang dididik. Karena terdapat beberapa akses
internet di tempat-tempat tertentu, tanpa memungut biaya (gratis).
Hal ini memungkinkan untuk menggunakannya dimana saja, kapan saja. Apalagi
di dalam internet terdapat search engine seperti google yang memfasilitasi para
pengguna internet untuk mendapatkan informasi apapun tanpa ada batasnya.
Psikologi Pendidikan Edisi Kedua (J.W Santrock)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar