Jumat, 23 Maret 2012

Memory



Refleksi Memory dalam Kehidupan Sehari-hari J

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita dihadapkan dengan berbagai macam kejadian yang terjadi. Ketika kita diberikan perintah oleh Ibu kita untuk membantunya membelikan beberapa macam barang di sebuah warung, dan sesampainya kita di warung tersebut, kita lupa pada sebuah/beberapa barang yang diperintahkan oleh ibu kita untuk dibeli, disitu akan terjadi gangguan pada memori kita.
          Dalam hal ini, ketika Ibu kita menginstruksikan secara lisan, barang-barang apa saja yang harus dibeli, kita tidak memberikan cukup atensi pada sebuah/beberapa barang yang disebutkan. Misalnya, ibu menyuruh membeli gula, telur, beras, dan sabun. Tiba-tiba kita lupa untuk membeli sabun. Karena, kita telah mengelompokkan di dalam ingatan kita barang-barang yang harus kita beli sebagai makanan pokok sehari-hari, bukan perlengkapan untuk mandi. Sehingga keadaan ini  tersimpan di dalam Short Term Memory.
          Bahkan dalam sebuah peristiwa, saya bisa sangat ingat, bahkan kejadian yang terjadi belasan tahun yang lalu. Misalnya ketika SD, saya melihat seorang teman tidak sengaja dipukul guru hingga tangannya mengeluarkan darah. Saya masih sangat ingat kronologisnya, karena kejadian itu tepat terjadi di depan saya. Sehingga keadaan ini tersimpan di dalam Long Term Memory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar