Jumat, 09 Maret 2012

Fenomena Pendidikan Media Online



Bagaimana pandangan dan penilaian kelompok anda sehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Psikologi Pendidikan 3 SKS tahun 2011/2012 harus memiliki e-mail dan blog ditinjau dari uraian Psikologi pendidkan dan fenomena pendidikan di Indonesia, Medan khususnya?
Penjelasan :
Menurut  kelompok  kami cara pembelajaran dengan menggunakan media sosial khususnya internet dapat membentuk kepribadian yang lebih berani bagi mahasiswa dimana dengan media tersebut khususnya blog, mahasiswa bisa mengungkapkan pendapat dan konsep mengenai suatu mata kuliah. Dimana dia belum pernah berani mengungkapkan pemahannya tersebut secara langsung pada saat tatap muka mata kuliah.
Perilaku berani dalam merespon mata kuliah psikologi melalui gaya baru media sosial online, menghadirkan pola keaktifan dalam diri mahasiswa tersebut. Contoh konkretnya adalah, ketika dalam proses pembuatan e-mail maupun blog dalam rangka mendukung proses belajar-mengajar lewat media sosial internet, terdapat beberapa masalah yang terjadi. Mulai dari kegagalan koneksi ataupun faktor lainnya. Mahasiswa dalam hal ini bertindak aktif (asertif) terhadap dosen untuk dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dalam pembuatan blog tersebut. Praktik ini mendukung teori John Dewey yang menitikberatkan psikologi pendidikan pada keaktifan siswa/mahasiswa.
Belajar menggunakan media sosial seperti email dan blog pada MK. Psi. Pendidikan ini  juga membuat kita mengetahui suatu metode  pembelajaran yang baru dan berbeda dari biasanya  dimana kita dapat melakukan diskusi dengan teman kita secara online tanpa harus  melakukan tatap muka.
Melalui kuliah online ini juga kita dapat lebih kreatif lagi dalam mengeluarkan ide dan pikiran kita dengan tanpa dibatasi oleh rasa takut untuk mengeluarakannya di depan umum. Kita bisa lebih melatih kemampuan kita untuk merangkai kata demi kata supaya terlihat lebih menarik dan mudah dipahami. Di blog juga kita bisa mengeksplor hobby kita tentang sesuatu dan dengan tidak langsung blog tersebut juga dapat mencerminkan kepribadian kita dan apa yang kita suka.
Dampak negatifnya adalah kalau pembelajaran dilakukan melalui media online, kemungkinan besar peserta didiknya tidak mengikuti kuliah tersebut semaksimal mungkin. Melainkan mereka bisa lebih cenderung bermalas-malasan.
Selain itu, jaringan internet terkadang mengalami gangguan yang menghambat proses belajar secara online dan terbatasnya fasilitas yang ada misalnya tidak memiliki PC dan jaringan internet membuat mahasiswa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk ke warnet.
Jadi kesimpulannya, kelompok kami mendukung pembelajaran melalui media online. Walaupun terdapat dampak negatif di dalamnya, tetapi dampak positif lebih mendominasi.

2 komentar:

  1. wah, namamu kenapa tidak dicantumkan Dinda?
    coba sempurnakan ya...
    take care

    BalasHapus