Minggu, 25 Maret 2012

Contoh Kasus Kognisi



Dalam kehidupan nyata yang saya hadapi, terdapat peran kognisi yang mempengaruhi kinerja tingkah laku saya.
          Misalnya, ketika saya beranjak remaja dan memutuskan untuk menjalin kasih dengan seorang pria yang menurut saya baik, saya akan memilih seorang pria yang dari luar terlihat good-looking, berpakaian bersih, tidak berantakan dan tidak meiliki bau badan.
          Namun, ketika di lain waktu saya bertemu dengan seorang pria dan memiliki ciri-ciri yang berkebalikan dari yang saya inginkan, misalnya dia berantakan, sedikit bau dan asal, saya akan memiliki persepsi bahwa lelaki itu secara ‘looking’ tidak mencerminkan seorang pria yang baik.
          Dari kasus diatas dapat disimpulkan bahwa saya, memiliki mental set yang mengarah pada hal negatif. Saya telah menilai seseorang dari yang ‘tampak’ bukan dari ‘dalam’ yang dia miliki. Karena yang saya yakini, kepribadian seseorang dapat tampil dari apa yang terlihat dalam sesuatu yang konkret. Tidak harus selalu yang serba ‘wah’ namun cukup berpenampilan yang baik.
          Terima kasih atas perhatian teman-teman yang udah baca postingan ini. Assalammu’alaikum wr. wb. J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar