Kamis, 31 Mei 2012

Hasil Survey Kuesioner Mengenai Blended Learning



Untuk memenuhi tugas Psikologi Pendidikan dalam pembuatan kuesioner yang mengharuskan para peserta didik untuk membuat sebuah survey mengenai Mata Kuliah Psikologi Pendidikan, saya akan mendeskripsikan hasil survey yang telah dipenuhi oleh 62 responden dari Mahasiswa Angkatan 2011.
Adapun topik yang saya ambil dari survey ini adalah “Wawasan Blended Learning”. Dengan tujuan ingin mengetahui sejauh mana sih Blended Learning itu dapat diterima dan difungsikan secara baik oleh temen-temen Mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2011
Berikut ini daftar pertanyaan beserta jawaban dalam bentuk persentase dari pada responde. Check it out! J
1.       Saya memiliki perangkat PC/Laptop/Tablet sendiri.
Presentase
Jumlah Responden
Ya
96.72%
59
Tidak
3.28%
2

2.       Saya memiliki modem di rumah atau dapat dibawa-bawa.
Presentase
Jumlah Responden
Ya
86.89%
53
Tidak
13.11%
8

3.       Saya memiliki Smartphone (Blackberry, Android, iPhone).
Presentase
Jumlah Responden
Ya
62.30%
38
Tidak
37.70%
23

PERTANYAAN INTI
1.       Saya pernah menggunakan metode Blended Learning sebelumnya.
 Sangat setuju 
 4 
 6.35% 
 Setuju 
 22 
 34.92% 
 Netral 
 11 
 17.46% 
 Tidak Setuju 
 25 
 39.68% 
 Sangat Tidak Setuju 
 1 
 1.59% 



2. Blended Learning membantu saya dalam memahami materi kuliah.
Sangat Setuju
1
1.61%
Setuju
28
45.16%
Netral
27
43.55%
Tidak Setuju
6
9.68%
Sangat Tidak Setuju
0
0.00%
         
  
3. Saya lebih bisa mengeluarkan pendapat ketika berdiskusi saat Blended Learning berlangsung.
 Sangat Setuju 
 5 
 8.20% 
 Setuju 
 28 
 45.90% 
 Netral 
 18 
 29.51% 
 Tidak setuju 
 10 
 16.39% 
 Sangat Tidak Setuju 
 0 
 0.00% 

4.       Saya suka dengan metode belajar Blended Learning, tapi jaringan wifi susah. Sehingga Blended Learning terhambat.
 Sangat Setuju 
 14 
 22.95% 
 Setuju 
 38 
 62.30% 
 Netral 
 8 
 13.11% 
 Tidak Setuju 
 1 
 1.64% 
 Sangat Tidak Setuju 
 0 
 0.00% 

5.       Saya adalah pengakses media sosial khususnya chatting (seperti g-talk, ym, dll).
 Sangat Setuju 
 14 
 22.95% 
 Setuju 
 38 
 62.30% 
 Netral 
 8 
 13.11% 
 Tidak Setuju 
 1 
 1.64% 
 Sangat Tidak Setuju 
 0 
 0.00% 

Deskripsi:
      Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap 62 responden, para peserta rata-rata memiliki laptop/pc/tablet sendiri dengan difasilitasi modem yang dapat dibawa-bawa ataupun modem yang hanya dapat dipakai di rumah. Selain itu, kebanyakan dari mereka juga memiliki smarthphone yang memiliki fasilitas chatting ataupun online seperti blackberry, android maupun iPhone.
      Dari 62 responden pengisi kuesioner, ditemukan bahwa terdapat 41.27 % memiliki kecenderungan belum pernah menggunakan Blended Learning sebelumnya, 41.72% malah sudah pernah menggunakan metode Blended Learning sebelumnya. Sisanya, bimbang apakah pernah apa belum L.
      Secara keseluruhan Blended learning adalah metode yang pas digunakan untuk memahami materi belajar kuliah keseluruhan. Ditambah, berdasarkan hasil survey yang saya temui, bahwa para responden dapat dengan luwes untuk menyampaikan pendapat mereka mengenai sebuah materi. Ditambah, terdapat dominasi responden yang memiliki kecenderungan untuk memakai fasilitas chatting, yang notabene juga merupakan metode yang dipakai dalamproses belajar Blended Learning.
Hanya saja, fasilitas wifi di kampus terkadang suka labil. Jadi terdapat kesusahan koneksi, sehingga susah sekali mengakses internet. Sehingga Blended Learning pun terhambat.

Testimoni :

Adapun testimoni saya dalam pembuatan kwiksurvey mengenai Blended Learning ini adalah awalnya saya merasa kesusahan dalam mencari ide mengenai pertanyaan-pertanyaan apa yang akan saya sajikan dan responden dalam pengisian kuesioner secara online ini. Namun, setelah dijalani, terdapat banyak kemudahan dan pastinya pengalaman yang saya dapatkan. Ditambah teman-teman Psikologi 2011 yang sangat kooperatif. Dan aku padamu, psychotroops 11 :* 

Dan yang paling utama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu dosen pengampu  yang telah memberikan banyak 'shock therapy' kepada saya khususnya, mulai dari pembuatan blog, tugas mini proyek sampai pembuatan kuesioner online sehingga banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan pada mata kuliah ini.

Demikian testimoni saya. Lebih tepatnya curahan hati saya. Sampai jumpa di postingan berikutnya :) 

2 komentar:

  1. terima kasih bu atas komentarnya. Sudah saya perbaharui ibu. terima kasih bu :-)

    BalasHapus