Rabu, 11 April 2012

Refleksi Inteligensi dalam Kehidupan Sehari-hari



          Dalam inteligensi terdapat pandangan yang dikemukakan oleh Cattell yaitu Fluid Intelligence dan Crystal Intelligence. Mengenai kedua pandangan inteligensi yang dikemukakan Cattell ini adalah mengenai bagaimana inteligensi dapat berubah seiring bertambahnya usia.
1.    Fluid Intelligence
Merupakan kemampuan untuk belajar strategi baru dalam memecahkan masalah yang baru pula. Dalam contoh kasus Fluid Intelligence adalah saya sebagai seorang remaja yang serba-ingin-up-to-date, mencoba suatu hal yang baru. Ketika itu terdapat fenomena yang sedang trend di kalangan anak muda, yaitu penggunaan jejaring sosial melalui internet, yaitu twitter. Saya mencoba untuk membuat twitter dengan mengikuti instruksi yang diberikan. Tanpa saya sadari, dalam waktu 5 menit, saya dapat menghasilkan sebuah account twitter. Saya belum pernah membuat twitter sebelumnya dan itu merupakan bentuk pemecahan masalah baru dengan strategi baru (karena belum pernah memakai sebelumnya) pula.
2.    Crystall Inteligence
Merupakan kemampuan untuk menggunakan kemampuan yang telah dipelajari sebelumnya untuk memecahkan masalah yang mirip dengan masalah yang pernah dihadapi sebelumnya. Kasus ini biasa ditemui ketika kita sudah beranjak memasuki masa kedewasaan akhir. Kakek saya (berumur 60 tahun) pada suatu saat hendak menngunakan laptop. Pada saat sebelum laptop beredar di pasaran, bahkan komputer masih sangat minim, kakek saya apabila hendak mengetik menggunakan mesin tik. Seperti yang kita ketahui, ketika kita hendak menekan huruf yang kita inginkan untuk diketik, harus ditekan sekuat tenaga, agar hurufnya dapat terbaca jelas. Sedangkan laptop tidak perlu begitu, cukup ditekan sekenanya saja. Namun, kakek saya menggunakan laptop tersebut layaknya mesin tik. Karena dia beranggapan bahwa laptop memiliki fungsi yang sama dengan mesin tik, namun pemanfaatannya saja yang berbeda. Dalam kasus ini, inteligensi pada kakek saya sudah mengkristal, sehingga dia tidak mudah untuk mempelajari metode baru dalam penggunaan laptop tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar